Saturday, October 26, 2013

Install Mail Server ClearOS dengan Roundcube Webmail menggunakan script

E-mail atau surat elektronik sangat umum digunakan masyarakat saat ini, ditambah lagi dengan pertumbuhan teknologi "gadget" yang sangat pesat diikuti dengan berlomba-lombanya layanan telekomunikasi nirkabel membuat kita selalu terhubung dengan kolega melalui "e-mail".

Bagaimana email bekerja? Sederhananya email bekerja dengan adanya "Mail Server". Si pengirim membuat email (melalui client mail seperti outlook, thunderbird ataupun webmail yang diakses dengan web browser) dan mailserver mengelola email tersebut untuk dikirimkan ke tujuan tertentu untuk dapat diakses oleh penerima. Tentusaja semua dilakukan dengan koneksi internet.

Kita sebagai end user tentu familiar dengan mail client ataupun web mail, mungkin ada sebagian kita yang penasaran, "bisakah saya memiliki mail server sendiri?" jawabanya ada di artikel sebelumnya, dan membuat mail server itu sangat mudah.


Setelah kita membuat mail server sesuai dengan artikel instalasi mail server, tentunya yang hanya bisa diakses melalui mail client seperti outlook, thunderbird atau melalui gadget android, ios, windows phone, blackberry dan push mail yang lain. Bagaimana kita dapat mengakses server tersebut melalui web browser seperti kebanyakan email provider lain (google, yahoo, dll)? yap, kita install Roundcube Webmail ke mail server kita.

Langkah langkah yang dilakukan:
1. Install POP/IMAP server dan SMTP server seperti di artikel mail server.
2. Install dan Webserver dan Mysql server melalui marketplace













3. Start aplikasi webserver dan mysql

Berikutnya kita login ssh ke server melalui putty (windows) atau terminal (linux / mac) dan gunakan winscp untuk memudahkan edit file tertentu dalam server.

4. Install roundcube mail melalui terminal


yum --enablerepo=clearos-core install php-xml
yum --enablerepo=clearos-epel install roundcubemail
5. Remove kembali roundcubemail
# yum remove -y roundcubemail

6. Copy script roundcube di /tmp melalui winscp atau wget
# cd /tmp
chmod a+x roundcubemail.sh
./roundcubemail.sh
# service httpd restart
# service postfix restart


Dan mail server pun dapat digunakan dengan mengakses http://domainanda.com/roundcubemail 
untuk menambah user cukup gunakan webconfig dan tambahkan user.

Jangan lupa untuk membuka incoming port http, smtp, IMAP/S dan POP/S
pustaka:



2 comments:

  1. kenapa oh kenapa... koq di remove lagi roundcube nya, apa gk bisa langsung dipake om Zuky ??

    ReplyDelete
  2. bisa om, cuma buat ngambil depedensi aja, kalo pake script roundcubemail.sh struktur direktori ada di /var/www/html/rouncube. kalo rpm ada di /etc/roundcubemail yang diberi alias.

    ReplyDelete

Install CCcam untuk card sharing di ClearOS

( warning -- Ini hanya sebagai pendidikan, penyalahgunaan kartu akses PAYTV tanpa otorisasi adalah tindakan yang dapat dijerat hukum--) ...